bisnis plan
MARI BERWIRAUSAHA
BISNIS PLAN
Pengertian
Bisnis plan adalah rencana untuk mengubah ide
bisnis menjadi suatu kesempatan (peluangbisnis) yang nyata,
pengaturan/pengendalian resiko dan pemberian upah serta waktu yang
tepat sehingga dapat menghasilkan produk yang di capai oleh perusahan.
Agar suatu bisnis plan menjadi efektif ketika akan di terapakan,
dalam menulis bisnis plan yang efektif,
didalamnya harus terdapat beberapa rancangan sebagai berikut :
- Ringkasan
- Industri, perusahan dan produk yang di tawarkan
- Analisa dan penelitianpasar
- Ekonomi bisnis
- Rencana pemasaran
- Rencanadesain dan pengembangan
- Rencana produksi dan operasional
- Tim manajemen
- Rencana keseluruhan
- Resiko utama, masalah dana asumsi
- Rencana keuangan
- Pengajuan / penawaran perusahan
- Lampiran
Ada 4 strategi dalam bisnis plan :
Ø
jujur
Ø
Berani
Ø
Mencari
Ø
Posisi
Penjelasan :
Jujur
Dalam bisnis plan harus menunjukan kejujuran yang utama,
karena kejujuran sebagian yang membuat bisnis dapat berjalan lancar dan dapat di
percayai oleh konsumen.
Berani
Dalam bisnis plan harus mempunyai jiwa berani untuk melakukan hal yang memang mustahil dilakukan dan selalu berani mengambil resiko
Mencari
Dalam bisnis plan kita harus berani mencari dan melakukan terobosan atau ide-ide
baru yang membuat bisnis lebih unggul dan terpecaya
Posisi
Dalam melakukan dan menjalankan suatu bisnis,
harus terlebih dahulu mengetahui keadaan dan posisi kita sebagai seorang pebisnis.
Dalam bisnis plan harus mempunyai visi dan misi.
Visi dan misi berfungsi sebagai haluan atau tujuan utama dari bisnis
plan yang membuat bisnis plan tersebut berjalan lancar dan mencapai tujuan.
Visi, yaitu cita-cita masa depan perusahaan yang
akan melakukan usaha tersebut,
Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar yang membedakan perusahaan dengan perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar yang membedakan perusahaan dengan perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaan tersebut.
Strategi adalah cara yang
ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan melibatkan semua sumber daya atau faktor produksi
yang dimiliki.
Dalam dunia bisnis dikenal beberapa strategi yang
biasa diterapkan perusahaan sebagai berikut:
a. Defender
strategi bisnis yang
diarahkan untuk meraih dan mempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh pasar potensial
yang ada.
b. Prospector
b. Prospector
strategi bisnis yang
diarahkan secara agresif untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi produk produk baru.
c. Analyzer
c. Analyzer
strategi bisnis yang dijalankan melalui imitasi, yaitu meniru apa yang
dilakukan prospektor.
Strategi bisnis seperti ini bertujuan meraih keuntungan dengan meminimalkan risiko.
d. Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy)
d. Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy)
strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui harga produk
yang semurah-murahnya.
e. Diferensiasi (differentiation strategy)
e. Diferensiasi (differentiation strategy)
strategi bisnis yang
diarahkan untuk meraih pasarseluas-luasnya melalui keunikan produk yang dihasilkan.
Keunikan tersebut bisa dicirikan oleh kualitas yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancangan produk
yang inovatif.
f. Fokus (focus strategy)
f. Fokus (focus strategy)
strategi bisnis yang diarahkan dalam segmen pasar yang sempit yang
dijalankan melalui fokus dalam kepemimpinan biaya (cost focus)
atau fokus dalam diferensiasi (differentiation focus).
Tujuan bisnis
plan :
UNTUNG – PASAR – PRODUKSI
PLAN – DO – CEK
Bisnis plan mempunyai 2 tujuan
yaitu :
1.
Internal
Strength (Kekuatan)
Weakness (Kelemahan)
2.
Eksternal
Opportunity (Peluang)
Treath (Ancaman)
semoga bermanfaat untuk menambah wawasan tentang berwirausaha.....
0 komentar:
Posting Komentar